Kompas.com - 02/05/2022, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dibatasi 50 persen dari kapasitas maksimum selama libur Idul Fitri.

"Tahun ini kami membatasi kuota hanya sekitar 50 persen, itu di angka 30.000," kata Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana, kepada wartawan di TMII, Senin (2/5/2022).

Pembatasan ini seiring dengan pandemi Covid-19 yang masih harus diwaspadai kendati tren kasus positif terus menurun.

Baca juga: Belum Terlalu Padat, TMII Diprediksi Ramai Setelah Hari Pertama Idul Fitri

Pada hari pertama Idul Fitri, jumlah pengunjung tercatat masih belum begitu banyak meskipun melonjak dibandingkan kunjungan kemarin, Minggu (1/5/2022) sebanyak 1.814 orang.

"Sejak pukul 06.00, jumlah pengunjung hari ini 7.315 orang," kata Putu. "Tahun lalu, jumlah pengunjung hari pertama Lebaran 12.696 orang," lanjutnya.

Ia mengatakan, jam operasional TMII dibuka pukul 06.00-17.00.

Putu mengakui bahwa menurunnya tren kasus pandemi Covid-19 membuat TMII bisa buka lebih leluasa pada Lebaran kali ini, namun pembatasan jumlah pengunjung masih tetap berlaku.

Meski masih jauh dari kapasitas normal, namun kedatangan pengunjung pada hari ini cukup membuat akses masuk cukup padat.

Baca juga: TMII Buka Saat Libur Lebaran, Mulai 30 April

Pantauan Kompas.com, antrean sepeda motor mengular sekitar 50-100 meter di pintu masuk 3. Antrean cukup panjang itu untuk pembelian tiket dan scan barcode PeduliLindungi.

Putu memperkirakan, jumlah pengunjung TMII masih akan terus meningkat seiring libur Lebaran.

"Mungkin karena hari pertama ya. Mungkin besok lebih ramai lagi. Kalau hari pertama orang biasanya kan ke saudara dulu," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.