Kompas.com - 02/05/2022, 06:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan orang memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) pagi.

Pantauan Kompas.com, jemaah sudah berduyun-duyun berdatangan ke salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini sejak pukul 05.15 WIB, baik laki-laki, perempuan, tua, dan muda.

Mereka membawa perlengkapan ibadahnya sendiri, mulai dari sajadah hingga mukena. Tampak seluruh jemaah mengenakan masker.

Salah satu jemaah, Nahda, mengaku datang dari Jatinegara untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di Istiqlal.

Baca juga: Pengelola Masjid Istiqlal Pastikan Area Parkir untuk Kendaraan Jemaah Shalat Idul Fitri Cukup

"Tadi berangkatnya naik kereta, kita coba datang agak awal sekitar jam 04.00 tapi ternyata keretanya belum ada, jadi sempat agak nunggu buat dapat kereta pertama," kata Nahda yang datang bersama suami, Senin.

"Memang sengaja mau ke sini walaupun masjid dekat rumah juga ada shalat Id. Sengaja biar lebih terasa suasananya karena sudah 2 tahun enggak merasakan shalat Id yang benar-benar terasa suasana Idul Fitri-nya," ungkapnya.

Keramaian ini membuat jalan raya di sekitar Masjid Istiqlal cukup ramai oleh kendaraan dan arus lalu lintas sedikit tersendat di jalan Ir H Juanda, Jalan Pos, dan Jalan Kesenian Jakarta.

Mobil-mobil parkir memadati tepi jalan, begitu pula sepeda motor.

Baca juga: Jokowi Shalat Idul Fitri di Istana Yogyakarta, Maruf Amin di Istiqlal

Tampak sejumlah warga mengatur parkir, sementara itu aparat kepolisian mengarahkan pengendara supaya arus lalu lintas tetap dapat mengalir.

Sementara takbir berkumandang dari masjid, jemaah perlu berbaris cukup panjang untuk melewati penjagaan dan pos pemeriksaan dari Paspampres.

Sebagai informasi, beberapa pejabat negara juga diundang untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di sini.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dijadwalkan akan hadir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.