Kompas.com - 01/05/2022, 19:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin (2/5/2022). 

Penetapan itu berdasarkan pada hasil rukyah bahwa hilal sudah terlihat di sejumlah titik di Tanah Air. 

"Pengurus Besar Nahdlatul Ulama memberitahukan bahwa awal bulan Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin Pon tanggal 2 Mei 2022," ujar Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf, Minggu (1/5/2022).

Baca juga: Hasil Sidang Isbat: Lebaran Jatuh pada Senin, 2 Mei 2022

Bersamaan dengan pernyataan tersebut, Yahya pun mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada umat Islam.

"Kami sampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah dengan penuh suka cita dan tetap mematuhi protokol kesehatan, serta mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

Pada Lebaran tahun ini, NU dan pemerintah merayakan secara bersamaan dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia lainnya, yakni Muhammadiyah.

Dengan penetapan Idul Fitri yang jatuh secara serentak esok hari, maka umat Islam yang mengikuti awal Ramadhan berdasarkan pada ketetapan pemerintah melakukan puasa selama 29 hari. Sementara yang berdasarkan pada ketetapan Muhammadiyah selama 30 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.