Kompas.com - 01/05/2022, 12:50 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, per hari ini, Minggu (1/5/2022) arus lalu lintas jalan nasional Cilegon menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak terpantau sepi.

Adapun untuk mendukung operasional penyeberangan penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, saat ini terdapat 45 unit kapal yang beroperasi.

"(Dari 45 unit kapal tersebut), lima dermaga eksekutif dan 40 dermaga reguler, dengan jumlah operasi dermaga sebanyak tujuh dermaga, yakni satu dermaga eksekutif dan enam dermaga reguler," tulis laporan tersebut, dikutip Minggu.

Baca juga: Kondisi Pelabuhan Merak Siang Ini Mulai Normal, 760.911 Penumpang Sudah Disebrangkan ke Sumatera

Data tersebut juga memaparkan, pada H-2 Lebaran atau Sabtu (30/4/20220), dalam kurun waktu 24 jam dibandingkan sehari sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 6 persen, yakni menjadi sebanyak 155.812 penumpang.

Adapun jumlah kendaraan motor atau roda dua turun 22 persen menjadi 18.540 kendaraan.

Untuk kendaraan roda empat atau mobil meningkat 17 persen menjadi 17.452 dan bus meningkar 13 persen menjadi 767.

Baca juga: Pelabuhan Merak Macet, Pengamat Beberkan Sederet Biang Keladinya

"Total kendaraan 36.583 turun 3 persen dari 37.692," begitu bunyi laporan tersebut.

Adapun untuk perbandingan data antara H-10 hingga H-2 Lebaran tahun ini dengan tahun 2019 lalu, jumlah penumpang turun tipis, yakni sebanyak 0,1 persen.

Tahunini, jumlah penumpang yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak sepanjang H-10 hingga H-2 lebaran sebanyak 760.911 penumpang, sementara tahun lalu 761.820 penumpang.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, H-1 Lebaran Kendaraan Masih Padati Pelabuhan Merak

Adapun jumlah motor atau roda dua turun 21 persen menjadi 60.627. Namun demikian, terjadi lonjakan jumlah mobil sebesar 24 persen menjadi 93.298.

Secara keseluruhan, terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dari Merak sebesar 8 persen menjadi 180.465 kendaraan.

"Aktifitas embarkasi debarkasi di masing-masing dermaga berjalan normal. Kondisi saat ini terpantau aman, tertib dan terkendali," tulis laporan tersebut.

Sebelumnya, sempat terjadi antrian panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Sabtu (30/5/2022) pagi.

Berdasarkan catatan Kompas.com, kemacetan mengular hingga 20 kilometer dari pintu Pelabuhan Merak hingga Tol Tangerang Km 90 pada Sabtu pagi, pukul 09.12 WIB.

Kepadatan terjadi oleh kendaraan yang akan diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Akibat kemacetan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengungkapkan permohonan maaf lantaran pemerintah belum bisa memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat yang hendak mudik melalui jalur penyeberangan Banten menuju Lampung.

Namun demikian, Budi berjanji arus kepadatan penumpang yang mudik menggunakan jalur penyeberangan akan segera terurai.

"Untuk ini semua kami ucapkan maaf belum bisa melayani dengan baik, tapi Insya Allah dalam kurang dari 12 jam proses penyeberangan bisa berlangsung dengan baik," kata Budi, Sabtu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.