Kompas.com - 28/04/2022, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) angkat bicara terkait kabar diundangnya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky oleh Presiden Joko Widodo untuk menghadiri pertemuan puncak G20.

Staf Khusus Program Prioritas Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Dian Triansyah Djani membenarkan adanya komunikasi dan konsultasi antara Jokowi dan Zelensky.

“Komunikasi dan konsultasi juga dilakukan pada level Presiden RI termasuk pembicaraan dengan Presiden Ukraina yang mulia Presiden Zelensky,” kata Dian dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/4/2022).

Meski demikian, pihaknya tak memberikan penjelasan mengenail hasil pembicaraan antara kedua kepala negara tersebut.

Baca juga: Telepon Presiden Ukraina, Jokowi Sampaikan RI Siap Beri Bantuan Kemanusiaan

Menurut Dian, nantinya pihak Istana yang akan mengumumkan perihal kepastian kehadiran Zelensky dalam forum G20.

“Hasil pembicaraan antara kedua kepala negara tentunya akan disampaikan langsung oleh pihak Istana,” terang dia.

Selain itu, Dian memaparkan mengenai hasil kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi ke Eropa beberapa waktu lalu.

Dari kunjungan tersebut, kata Dian, terdapat kepercayaan tinggi dari negara anggota G20 terhadap presidensi Indonesia.

Baca juga: Presiden Ukraina Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi atas Undangan ke G20

Kemudian, juga terdapat apresiasi terhadap posisi Indonesia dalam menavigasi presidensi tahun ini.

“Termasuk terkait komunikasi dan konsultasi yang terus dilakukan oleh Indonesia secara terbuka dan tentunya dukungan terhadap presiden Indonesia sangat besar dan kuat,” katanya.

Dikutip dari BBC Indonesia, Zelensky berterima kasih kepada Jokowi atas dukungan untuk integritas kedaulatan, serta undangan untuk menghadiri pertemuan puncak G20.

Dalam cuitannya, Zelensky menulis, "Telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Jokowi dan mengucapkan terima kasih kepadanya atas dukungan integritas kedaulatan dan teritorial, khususnya dengan posisi yang jelas di PBB."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.