Kompas.com - 28/04/2022, 12:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, situasi ekonomi dan politik global saat ini masih mengalami gejolak yang penuh ketidakpastian.

Oleh karenanya, ia meminta jajarannya untuk tetap waspada dan berhati-hati, lantaran krisis ini mungkin berlanjut hingga tahun depan.

Hal ini Jokowi sampaikan di hadapan para menteri, pimpinan lembaga negara, serta bupati dan wali kota seluruh provinsi dalam acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) di Istana Negara, Kamis (28/4/2022).

"Saya memberikan gambaran seperti ini agar kita betul-betul waspada, betul-betul mengalkulasi, menghitung secara detail sehingga langkah antisipasinya tepat, langkah antisipasinya betul, bener, dan kita harus betul-betul siap jika krisis ini berlanjut hingga tahun depan," kata Jokowi.

Baca juga: Airlangga: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Harus Tetap Waspada

Jokowi mengingatkan, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Beberapa negara masih berupaya keras menekan penyebaran virus corona, bahkan masih menerapkan lockdown.

Akibatnya, terjadi gangguan supply chain atau rantai pasokan yang berdampak pada banyak sektor.

Situasi ini diperparah oleh perang antara Rusia dengan Ukraina yang memunculkan krisis energi dan pangan.

"Dan akhirnya inflasi global meningkat tajam dan pertumbuhan ekonomi global juga akan mengalami perlambatan," ucap Jokowi.

Di sejumlah negara, inflasi melonjak tinggi. Di Turki misalnya, inflasi melompat ke angka 61,1 persen. Sedangkan inflasi Amerika yang biasanya di bawah 1 persen, saat ini angkanya mencapai 8,5 persen.

Di Indonesia, inflasi masih berada di angka 2,6 persen. Jokowi mengatakan, situasi ini patut disyukuri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.