Kompas.com - 28/04/2022, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (27/4/2022).

Informasi itu disampaikan presiden lewat akun Twitter resminya pada Kamis (28/4/2022).

Dalam pembicaraan melalui sambungan telepon itu, Jokowi menyatakan siap memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara di Eropa timur itu.

"Kemarin saya berbincang dengan Presiden Zelensky," tulis Jokowi dalam akun Twitternya. 

"Saya tegaskan bahwa Indonesia mendukung segala upaya agar negosiasi perdamaian berjalan sukses dan siap memberikan bantuan kemanusiaan," lanjutnya. 

Sementara itu, sebelumnya, Presiden Ukraina Volodimyr Zelensky juga mengonfirmasi berbincang dengan Jokowi. 

Penjelasannya itu juga disampaikan lewat Twitter pada Kamis sore waktu Indonesia.

Dalam perbincangan itu, Zelensky menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia kepada Ukraina terkaiy kedaulatan dan integritas teritorial.

Baca juga: Presiden Ukraina Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi atas Undangan ke G20

Presiden Zelensky pun mengungkapkan keduanya juga membahas isu ketahanan pangan. Terakhir, dia mengapresiasi undangan Jokowi agar Ukraina hadir dalam pertemuan G20.

Sedangkan Jokowi tak membahas terkait undangan G20. 

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengubungi Menlu Ukraina Dmytro Kuleba melalui saluran telepon, Selasa (26/4/2022).

Dalam percakapan tersebut, Retno menyampaikan kesiapan Indonesia mengirimkan bantuan kemnausiaan ke Ukraina.

Berbicara di telepon dengan Menteri Luar Negeri @DmytroKuleba dari Ukraina (26/04). Menteri Kuleba bicara tentang situasi terkini di Ukraina, termasuk krisis kemanusiaan. Saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Ukraina,” kata Retno melalui akun Twitter-nya, @Menlu_RI, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Telepon Menlu Ukraina, Menteri Retno Sampaikan RI Siap Kirim Bantuan Kemanusiaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.