Kompas.com - 26/04/2022, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei lembaga Charta Politika terkini menunjukkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan dukungan simpatisan enam partai politik untuk maju dalam Pilpres 2024.

Survei Charta Politika menunjukkan, Anies mendapatkan dukungan terbanyak dari simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 63,8 persen.

"(Dukungan untuk Anies) 24,1 persen Partai Golkar, Partai Nasdem 33,9 persen, PKS 63,8 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 24 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 38,9 persen, dan Demokrat 30,6 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar-Sandiaga Ungguli Prabowo-Puan

Selain Anies, survei ini juga merekam dukungan simpatisan partai politik terhadap simulasi nama calon presiden (capres) lain di antaranya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

AHY didukung paling banyak oleh simpatisan Demokrat sebesar 30,6 persen.

Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan terbanyak dari simpatisan PDI-P.

"(Dukungan untuk Ganjar) PKB 25,8 persen, PDI-P 66,8 persen, Golkar 26,8 persen, Nasdem 32,3 persen," jelasnya.

Kemudian, dukungan untuk Prabowo tercatat paling banyak dari simpatisan Gerindra sebesar 72,4 persen.

Baca juga: Survei Populi Center: Elektabilitas Jokowi Paling Tinggi bila Pemilu Digelar Saat Ini

Lalu, dukungan juga diraih Prabowo dari simpatisan Golkar sebesar 27,7 persen dan PPP 24 persen.

Adapun survei ini memiliki jumlah sampel sebanyak 1.220 responden dengan margin of error lebih kurang 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel dipilih sepenuhnya secara acak dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling.

Periode survei dilakukan pada 10-17 April 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.