Kompas.com - 25/04/2022, 18:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 100.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di DPR RI, Jakarta, pada 14 Mei 2022.

Aksi unjuk rasa ini merupakan rangkaian dari peringatan May Day atau Hari Buruh Tahun 2022.

“Jumlah massa 100.000 orang dari pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, ada 15 tuntutan kepada DPR RI,” kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi pers virtual, dikutip dari Youtube Bicaralah Buruh, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Partai Buruh Bakal Gelar Demo May Day di KPU, Ini Tuntutannya

Selain Partai Buruh, aksi tersebut juga akan diikuti oleh empat konfederasi serikat buruh.

Keempatnya yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Nantinya, aksi tersebut juga akan diiuti sekitar 50-60 federasi serikat pekerja tingkat nasional.

Setelah menggelar aksi di gedung parlemen, para peserta aksi nantinya akan bergeser ke Jakarta International Stadium (JIS). Di lokasi ini, buruh akan menggelar May Day Celebration.

Baca juga: Partai Buruh dan Serikat Pekerja Akan Aksi May Day 1 Mei dan 14 Mei

Terkait penggunaan JIS, Said menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan uang jaminan untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan massa banyak.

“Kita bayar kalau menggunakan JIS sesuai peruntukannya, bahkan kami akan membayar uang jaminan, itu biasa di GBK, Istora, di Sport Mal Kelapa Gading, itu biasa, itu namanya ada uang jaminan,” terang Said.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.