Kompas.com - 20/04/2022, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 99,2 persen penduduk berusia 1 tahun ke atas di Jawa-Bali sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Hal tersebut didapatkan dari survei serologi yang diumumkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI).

Sero survei ini dilakukan di 21 kabupaten/kota terpilih yang merupakan asal dan tujuan mudik dan dilaksanakan pada Maret 2022.

“Proporsi penduduk di wilayah asal dan tujuan mudik di Jawa-Bali yang mempunyai antibodi Covid-19 sebesar 99,2 persen,” kata Tim FKM UI Muhammad N Farid dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Epidemiolog: Hasil Sero Survei Bisa Jadi Acuan Kebijakan Terkait Pandemi

Farid mengatakan, angka tersebut mengalami peningkatan dari hasil sero survei yang dilakukan pada Desember 2021 yaitu sebesar 6,2 persen.

Ia mengatakan, ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan antibodi yaitu warga yang sudah divaksinasi meningkat dan warga yang sebelumnya terinfeksi Covid-19.

"Sehingga ada 2 kemungkinan perubahan prevalensi ini dari 93 persen (sero survei Desember) menjadi 99,2 persen, ini disebabkan vaksinasi atau karena infeksi atau mungkin karena keduanya, jadi cukup menjadi besar proporsinya antibodinya," ujarnya.

Di samping itu, Farid mengatakan, dari sisi kelompok umur, hasil sero survei menunjukkan, hampir seluruh kelompok umur sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Lakukan Sero Survei Antibodi, Apa Tujuannya?

Hasil sero survei menunjukkan, 98,3 persen kelompok usia 1-11 tahun sudah memiliki antibodi, 100 persen kelompok usia 12-18 tahun sudah mempunyai antibodi.

"99,7 persen kelompok usia 19-29 tahun memiliki antibodi, 99,5 persen kelompok usia 30-59 mempunyai antibodi dan 97,6 persen kelompok usia 60 tahun ke atas memiliki antibodi," ucapnya.

Adapun sero survei dilakukan untuk mengetahui proporsi penduduk yang mempunyai antibodi covid-19 di 21 kabupaten/kota terpilih dan melihat perubahan kadar antibodi pada penduduk yang mempunyai antobodi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.