Survei Charta Politika di Jateng, Elektabilitas Ganjar 70 Persen, Prabowo 9 Persen

Kompas.com - 14/04/2022, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Charta Politika pada Februari 2022 menunjukkan bahwa masyarakat Jawa Tengah memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) jika pemilihan dilakukan saat survei berlangsung.

Adapun Ganjar mendapatkan 70 persen elektabilitas pada simulasi 10 nama capres.

"Untuk elektabilitas calon presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya, perolehan angka yang cukup tinggi dengan 70 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Survei SPIN Sebut Loyalis Jokowi Akan Berpaling ke Ganjar dan Prabowo pada 2024

Selain itu, hasil survei memperlihatkan, posisi kedua dalam hal elektabilitas diisi oleh Prabowo Subianto (9 persen).

Sementara itu, diposisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (7,1 persen).

Berikutnya, ada Sandiaga Uno (3 persen) di posisi keempat dan Puan Maharani (1,8 persen) di posisi kelima. 

Disusul oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang elektabilitasnya sebesar 1,5 persen. Kemudian Ridwan Kamil (1,3 persen).

Lalu, ada nama Khofifah Indar Parawansa (0,8 persen), Erick Thohir (0,4 persen), dan Airlangga Hartarto dengan elektabilitas yang sama yaitu 0,4 persen.

Baca juga: Ridwan Kamil, Ganjar, Khofifah Disomasi Pegiat Lingkungan karena Dianggap Gagal Urus Pencemaran Sungai

Adapun survei dilakukan Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah dilakukan pada tanggal 14-19 Februari 2022.

Survei ini dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1.090 responden.

Survei ini juga melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat dan margin of error lebih kurang 2.97 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.