Kompas.com - 13/04/2022, 06:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada Selasa (12/4/2022) .

Usai acara itu, presiden menyampaikan sejumlah harapan kepada kedua organisasi kepemiluan itu.

Baca juga: Komisi II DPR Rapat Bareng KPU-Bawaslu Rabu Besok, 5 Hal Ini yang Akan Dibahas

Jokowi meminta kedua lembaga dapat langsung bekerja cepat mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas," kata Jokowi dalam keterangan video yang disampaikan dari Istana Negara, Selasa (12/4/2022).

"Langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menjalankan tugas dan kewenangannya untuk mempersiapkan Pemilu (pemilihan umum) dan Pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan pada tahun 2024," jelasnya.

Dia pun mengingatkan bahwa tahapan awal Pemilu 2024 dimulai pada 14 Juni 2022.

Jokowi menyebutkan, ini penting dilakukan karena untuk pertama kalinya kita akan menyelenggarakan pileg (pemilu legislatif), pilpres (pemilu presiden) dan pilkada dalam tahun yang sama.

"Sehingga KPU dan Bawaslu harus segera mempersiapkan semuanya secara detail dan matang menjaga agar kualitas demokrasi tetap terjaga," tegas kepala negara.

Baca juga: Hasyim Asy’ari Terpilih Jadi Ketua KPU 2022-2027

Seiring dengan semakin dekatnya tahapan pemilu, Jokowi meminta KPU menekankan soal pendidikan politik pada masyarakat.

Utamanya dalam mengantisipasi politik identitas.

"Jangan lagi membuat masyarakat terprovokasi oleh isu-isu politik identitas. Kita ajak masyarakat menyambut pemilu dengan gembira sebagai pesta demokrasi rakyat," kata Jokowi.

Dia pun berjanji akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan tugas KPU dan Bawaslu. Dukungan itu terutama dalam bentuk anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) serta kesiapan teknis lainnya yang dibutuhkan oleh KPU dan Bawaslu

KPU-Bawaslu langsung bekerja

Usai dilantik di Istana Negara, tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu kembali ke kantor masing-masing dan segera menggelar rapat pleno.

Rapat secara internal tersebut digelar untuk memilih ketua masing-masing instansi.

Baca juga: Anggota KPU Baru Jalani Serah Terima Jabatan

Dari hasil rapat pleno di KPU, Hasyim Asy’ari terpilih menjadi Ketua KPU periode 2022-2027.

Sementara itu, dari rapat pleno Bawaslu akhirnya terpilih Rahmat Bagja sebagai ketua.

Usai proses pemilihan ini, kedua instansi melakukan tugas perdananya hari ini, Rabu (13/4/2022) dengan menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.