Ketua Komisi II Sebut Rapat Pembahasan Tahapan Pemilu Digelar Usai Pelantikan Komisioner KPU-Bawaslu

Kompas.com - 04/04/2022, 16:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan, rapat pembahasan tahapan Pemiliihan Umum (Pemilu) 2024 akan dilangsungkan setelah pelantikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

Menurut dia, pelantikan komisioner KPu dan Bawaslu akan dilangsungkan pada pekan depan. Namun dirinya tak menjabarkan detail pasti terkait tanggal pelantikan.

"Tapi karena sebentar lagi Insya Allah minggu depan, KPU dan Bawaslu baru akan dilantik, mungkin kita akan menunggu itu supaya nanti memang pembahasannya lebih leluasa karena mereka penanggung jawab utama dalam melaksanakan itu," kata Doli ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Ketua KPU: Permasalahan Pemilu Bukan Terletak pada Proses Pemungutan Suara

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, salah satu tahapan pemilu yang akan dibahas adalah masa kampanye.

Menurutnya, Komisi II juga menyadari masih ada beberapa masukan tentang program dan tahapan pemilu yang perlu dilakukan efisiensi.

"Misalnya, soal lamanya masa kampanye. Waktu itu, KPU masih mengusulkan ada 120 hari, pemerintah mengusulkan 90 hari. Kita di DPR mengusulkan 60-75 hari, tentu harus ada pembahasan lebih lanjut," jelasnya.

Baca juga: Bawaslu Tidak Akan Hadir di Rakor Penundaan Pemilu 2024

Lebih jauh, Doli menambahkan bahwa rapat itu juga akan membahas seputar sistem digitalisasi yang menjadi sorotan untuk pemilu mendatang.

Ia menuturkan, soal sistem digitalisasi dalam pemilihan itu telah diterapkan, contohnya pada Pilkada Serentak 2020.

"Di tahap Pilkada serentak, kita sudah menggunakan e-rekap, walaupun masih uji coba. Itu yang nanti salah satu dan beberapa hal, kita bahas saat kita menetapkan program tahapan dan jadwal," tutur Doli.

Baca juga: Pimpinan Komisi II Minta Kepala dan Perangkat Desa yang Dukung Jokowi 3 Periode Disanksi

Sebelumnya, Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro mengatakan, pelantikan KPU dan Bawaslu terpilih akan digelar 11 April 2022.

“Sesuai ketentuan masa Jabatan KPU-Bawaslu periode 2017-2022 akan berakhir 11 April 2022. Jadi pelantikan KPU-Bawaslu periode 2022-2027 akan dilaksanakan pada tanggal itu juga (11 April 2022),” ujar Juri dalam siaran persnya pada Kamis (17/3/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.