Kompas.com - 01/04/2022, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Turki untuk Indonesia, Àskin Asan, beserta delegasi di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Prabowo dan Asan dalam pertemuan membahas peningkatan kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Turki.

“Dalam pertemuan tersebut dibicarakan peningkatan kerja sama industri pertahanan kedua negara yang telah terjalin, dengan produksi bersama peralatan pertahanan,” demikian keterangan tertulis Biro Humas Setjen Kemenhan, Jumat.

Baca juga: Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina di Turki: Rusia Janji Kurangi Serangan di Kyiv

Dalam kesempatan itu Prabowo mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pertemuan bilateral bidang kerja sama peralatan pertahanan di Ankara, Turki pada 2021.

Selain itu, Prabowo berharap kerja sama industri pertahanan antar kedua negar dapat ditingkatkan termasuk kerja sama lainnya seperti bidang elektronik, informasi teknologi (IT), penerbangan, kapal perang dan propelan.

Prabowo juga mengapresiasi komitmen kuat Kemenhan Turki dalam mendukung kerja sama di industri pertahanan. Kerja sama itu baik dalam kerangka government-to-government maupun business-to-business.

“Yang diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas industri pertahanan Indonesia, seperti halnya keberhasilan kerja sama produksi bersama Medium Tank Kaplan dan Harimau,” kata Kemenhan.

Indonesia dan Turki saat ini tengah dalam proses finalisasi Defense Cooperation Agreement (DCA) yang memasuki tahap akhir pembahasan sebagai payung hukum kerja sama pertahanan yang lebih luas.

Terkait itu, Prabowo berharap bisa menjadi awal yang baik bagi kedua pihak untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.