Kompas.com - 28/03/2022, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, setidaknya  23 juta pekerjaan akan digantikan oleh teknologi digital pada 2030 mendatang.

Meski demikian, akan ada pula 46 juta lapangan pekerjaan baru yang muncul.

"Setidaknya 23 juta pekerjaan akan digantikan oleh teknologi digital dan otomatisasi pada tahun 2030," ujar Teten saat memberi sambutan pada Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan UMKM di Istana Negara Senin (28/3/2022).

Baca juga: Menkop Minta Pelaku Koperasi dan UMKM Manfaatkan E-Commerce Selama Pandemi Covid-19

"Namun dalam waktu bersamaan 46 juta lapangan pekerjaan baru muncul dan 10 juta pekerjaan betul-betul jenis baru dan sektor yang paling menerima manfaat dari teknologi digital ini antara lain health care manufaktur dan ritel," lanjutnya.

Oleh karenanya yang perlu terus dilakukan pemerintah yakni mempersiapkan skill dan pola pikir kewirausahaan generasi muda Indonesia.

Menurut Teten, dalam rakornas kali ini akan membahas komitmen daerah dan seluruh stakeholder dalam memastikan gerakan nasional perubahan menuju digitalisasi. 

Di dalamnya akan didiskusikan cara mendorong pertumbuhan wirausaha baru sebagai bagian dari mempersiapkan generasi muda.

"Pemetaan potensi dan tantangan serta pengembangan program pendampingan dari setiap stakeholder dalam upaya pencepatan transformasi digital, penetapan kelompok strategis strategis untuk disasar beserta model sinergi lintas sektor yang tepat dalam upaya transformasi digital," jelas Teten.

Dia mengungkapkan, di tengah tantangan pandemi Covid-19 transformasi digital di bidang wirausaha tumbuh pesat.

Teten mencontohkan pada 2020 lalu, jumlah UMKM digital di Indonesia hanya 8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.