Kompas.com - 18/03/2022, 19:39 WIB

KOMPAS.com - Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) menuju birokrasi berkelas dunia atau world blass bureaucracy.

“Upaya itu kami wujudkan dengan terus melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai instansi termasuk pemerintah daerah (pemda),” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/3/2022).

Adapun kolaborasi tersebut salah satunya dilakukan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo.

Pernyataan itu Adi sampaikan saat memberikan sambutan dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara LAN dengan Pemprov Jambi dan Pemkab Tebo di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor LAN, Jalan Veteran Nomor 10 Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: LAN Dapat Dua Penghargaan dari Kementerian PANRB

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan, tujuan dari penandatanganan nota kesepakatan tersebut adalah meningkatkan mutu kualitas birokrasi terutama sumber daya manusia (SDM) ASN.

Menurut Adi, sehebat apapun visi dan misi kepala daerah gubernur atau bupati, apabila tidak dapat diimplementasikan oleh tataran ASN di bawahnya, maka tak akan memberikan dampak kepada masyarakat.

“Maka dari itu, dibutuhkan ASN yang mampu menerjemahkan visi dan misi kepala daerah menjadi aksi. Di sinilah peran penting ASN sebagai aset organisasi atau human capital yang harus senantiasa meningkatkan kompetensinya,” jelasnya

Baca juga: 60.000 ASN, Anggota TNI, dan Polri Pindah ke IKN Nusantara pada 2024

Apresiasi komitmen dua pemda

Pada kesempatan tersebut, Adi memberikan apresiasi atas komitmen kedua pemimpin daerah, yaitu Gubernur Jambi dan Bupati Tebo yang berupaya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan melalui peningkatan kapasitas SDM aparatur mereka.

Sebagai langkah lebih lanjut, kata dia, LAN akan mendorong kedua pemda untuk menyusun rencana pengembangan kompetensi aparatur.

Dengan begitu, pemda dapat mendesain beberapa program pengembangan kompetensi yang dapat menjawab kebutuhan kemampuan dari setiap pegawai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.