Kompas.com - 16/03/2022, 15:56 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2017-2022 menggelar rapat bersama anggota KPU terpilih periode 2022-2027.

Rapat digelar di kantor KPU, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Anggota KPU 2017-2022 sekaligus anggota KPU terpilih 2022-2027, Hasyim Asy'ari, mengatakan pertemuan tersebut merupakan bagian dari transisi kepemimpinan KPU.

"Pertemuan ini dirancang sebagai proses transisi kepemimpinan KPU agar proses persiapan menuju penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan mulai digelar pada Juni 2022 ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal tahapan yang telah direncanakan," ujar Hasyim dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: Puan: Pemerintah, DPR, dan KPU Sudah Sepakat Pemilu Digelar 2024

Hasyim pun mengungkapkan, mereka membahas draf Peraturan KPU (PKPU) Tahapan Pemilu dan Pendaftaran Partai.

Adapun berdasarkan rancangan KPU, tahapan akan dimulai pada Juni mendatang dan hari pemungutan suara digelar pada 14 Februari 2024.

"Agenda yang dibahas adalah draf PKPU Tahapan Pemilu dan draf PKPU Pendaftaran Partai," ucapnya.

Sementara itu, hingga saat ini anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diusulkan KPU belum disepakati DPR dan pemerintah.

Anggaran pemilu yang diajukan KPU yaitu sekitar Rp 76 triliun dari semula Rp 86 triliun.

Baca juga: Pemerintah, DPR, dan KPU Didesak Segera Bahas Anggaran Pemilu

Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno menjelaskan, sebanyak 81,84 persen anggaran digunakan untuk kegiatan tahapan yang di antaranya meliputi honor badan ad hoc, logistik, dan pemutakhiran data pemilih.

Kemudian, 18,16 persen anggaran digunakan untuk kegiatan dukungan tahapan.

Kegiatan tersebut di antaranya pembangunan atau renovasi gedung kantor dan gudang arsip pemilu, gaji pegawai KPU se-Indonesia, dan belanja operasional kantor KPU se-Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.