Bertemu Menhan Yunani, Prabowo Sampaikan Sikap RI atas Konflik Ukraina Vs Rusia

Kompas.com - 15/03/2022, 06:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyampaikan posisi Indonesia atas konflik antara Ukraina dan Rusia ketika berdialog dengan Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Kota Athena, Yunani, Jumat (11/3/2022).

Dalam dialog itu, Prabowo menegaskan bahwa posisi Indonesia tidak akan mendukung terbadap negara yang melanggar Piagam PBB.

“Indonesia, posisi kami sangat jelas, kami tidak akan mendukung setiap pelanggaran terhadap Piagam PBB,” tegas Prabowo, dikutip Kompas.com dari video Kementerian Pertahanan Nasional Yunani, Selasa (15/3/2022).

Di sisi lain, Prabowo menyatakan, Indonesia mengakui hak setiap negara untuk mempertahankan negara mereka.

Baca juga: Bertemu Menhan Yunani, Prabowo Bahas Kerja Sama Alutsista hingga Konflik Ukraina-Rusia

Selain itu, Prabowo mendesak agar kedua negara yang berkonflik untuk segera melakukan gencatan senjata dan menggelar dialog perdamaian.

“Kami meminta semua pihak di situasi Ukraina untuk segera melakukan gencatan senjata dan memulai dialog perdamaian untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Prabowo.

Ia pun berharap perdamaian segera terjadi dalam konflik antara Ukraina dan Rusia.

“Kami berharap serta berdoa untuk perdamaian secepat mungkin bagi krisis Ukraina,” imbuh Prabowo.

Adapun dalam pertemuan Prabowo dan Nikolaos membahas sejumlah topik, meliputi kerja sama bilateral di sektor pertahanan, pendidikan dan pelatihan serta, alutsista.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.