Saat 9 WNI Masih Menunggu Dievakuasi dari Pusat Pertempuran Ukraina dan Rusia...

Kompas.com - 08/03/2022, 05:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 9 warga negara Indonesia (WNI) masih berada di Ukraina. Saat ini, mereka masih menunggu dievakuasi untuk keluar dari Ukraina di tengah gempuran invasi Rusia.

Untuk diketahui, 9 WNI yang tengah menunggu dievakuasi tersebut berada di Chernihiv, Ukraina.

Chernihiv sendiri merupakan salah satu wilayah yang menjadi pusat pertempuran antara Ukraina dan Rusia.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sudah memastikan 9 WNI tersebut dalam kondisi aman. Logistik 9 WNI juga disebut cukup.

"Kami baru saja menjalin komunikasi virtual via zoom dengan 9 WNI di Chernihiv. Kondisi mereka saat ini aman dan pasokan logistik juga memadai," kata Direktur Perindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu Judha Nugraha kepada Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Baca juga: BSSN Imbau Masyarakat Tak Dukung Rusia atau Ukraina di Dunia Maya

Kemenlu pun memastikan pihaknya masih berusaha untuk mengeluarkan 9 WNI itu dari Ukraina.

Upaya evakuasi terhadap 9 WNI di Chernihiv belum bisa dilakukan lantaran masih terjadi pertempuran di kota tersebut.

Menurut Judha, Kemenlu terus menjalin komuikasi dengan pihak-pihak di Ukraina dan Rusia untuk membuat jalur evakuasi yang aman agar 9 WNI tersebut bisa keluar dari Chernihiv.

Nantinya, para WNI itu akan dibawa ke negara terdekat dari Chernihiv untuk kemudian dievakuasi kembali ke Tanah Air.

"Secara paralel, komunikasi intensif sedang dilakukan dengan pihak-pihak di Ukraina dan Rusia untuk membuat safe passage atau jalur evakuasi aman untuk membawa para WNI keluar Chernihiv dan selanjutnya ke negara tetangga Ukraina yang aman," jelas dia.

Baca juga: Indonesia Dinilai Tak Berpihak ke Ukraina meski Setujui Resolusi PBB, Ini Alasannya...

80 WNI sudah tiba di Tanah Air

Misi evakuasi terhadap WNI di tengah konflik antara Ukraina dan Rusia telah berhasil membawa 83 orang ke Indonesia pada Kamis (3/3).

Sebanyak 80 orang adalah WNI, dan 3 orang warga negara asing (WNA) yang merupakan keluarga dari para WNI.

Mereka terlebih dahulu dievakuasi oleh tim Kemenlu dari Ukraina ke Rumania lewat jalur darat. Para WNI dan keluarganya tiba di Tanah Air setelah menempuh perjalanan selama 17 jam dari Bucharest, Rumania.

Pemerintah berhasil mengevakuasi 80 WNI beserta keluarganya ditengah invasi Rusia ke Ukraina. Perjalanan yang harus dilalui WNI saat dievakuasi dari WNI tidak mudah.

Mereka harus melalui sejumlah pemeriksaan dan mengikuti jam malam yang berlaku, sebelum akhirnya bisa keluar dari Ukraina.

"Saya sampaikan selamat datang di Tanah Air dan selamat berkumpul dengan keluarga," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.