Kompas.com - 21/02/2022, 14:28 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PAL Indonesia (Persero) telah merampungkan proses perbaikan total atau overhaul terhadap KRI Cakra-401.

Kini, kapal selam tersebut telah diserahkan kepada Kementerian Pertahanan, untuk kemudian diserahkan kembali kepada TNI Angkatan Laut, sebagai salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Proses penyerahan itu dilakukan langsung oleh CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod pada Dirjen Kuathan Kemenhan Laksda TNI Bambang Irwanto, Senin (21/2/2022).

“Dengan keberhasilan overhaul ini PAL setidaknya sudah menguasai 65 persen proses pembangunan kapal selam baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya,” sebut Kaharuddin dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Mengenal Kapal Selam KRI Cakra-401 yang Baru Selesai Jalani Overhaul

Dalam kesempatan itu, Bambang mengapresiasi kemampuan PT PAL Indonesia dalam melakukan perbaikan total. 

Menurut dia, kerja sama seperti ini harus terus dilakukan guna memenuhi kebutuhan pertahanan di Tanah Air.

“Dalam mewujudkan industri dalam negeri yang unggul, maka kita harus bersinergi dan bermintra dalam memenuhi kemajuan alutsista Indonesia,” ucapnya.

Diketahui KRI Cakra-401 disebut juga sebagai saudara kembar KRI Nanggala-401 yang dinyatakan tenggelam di perairan utara Bali, April 2021.

Kapal selam ini telah berusia 40 tahun dan merupakan produksi dari Howaldtwerke-Deutsche Werft (HDW) di Kiel, Jerman.

KRI Cakra-401 telah berusia 40 tahun dan didatangkan pemerintah Indonesia untuk menggantikan KRI Tjakra.

Baca juga: KRI Cakra-401 Selesai Overhaul, TNI AL Tunggu Kemenhan untuk Serah Terima

PT PAL Indonesia sebelumnya telah menyatakan proses overhaul memuaskan pada keterangannya 29 November 2021.

Dalam tahap pengujian di Perairan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur KRI Cakra-401 disebut mampu mencapai kecepatan maksimal baik di atas maupun di bawah permukaan laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.