Kompas.com - 18/02/2022, 11:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi menetapkan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 dalam Rapat Paripurna DPR, Jumat (18/2/2022).

"Apakah laporan Komisi II DPR terhadap hasil uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota Komisi Pemilihan Umum dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum masa jabatan tahun 2022-2027 tersebut dapat disetujui?" kata Ketua DPR Puan Maharani selaku pemimpin rapat.

"Setuju," jawab peserta rapat diikuti ketukan palu oleh Puan.

Baca juga: DPR Akan Tetapkan Anggota KPU-Bawaslu, 39 Orang Anggota Hadir Fisik Saat Rapat Paripurna

Dalam rapat paripurna tersebut, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia melaporkan, para anggota KPU dan Bawaslu ini dipilih setelah menjalani uji kelayakan atau fit and proper test terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu pada Senin (14/2/2022) hingga Rabu (16/2/2022).

Doli mengatakan, setelah fit and proper test rampung, Komisi II DPR menggelar rapat pleno di mana seluruh fraksi setuju agar proses pemilihan anggota KPU-Bawaslu dilakukan melalui mekanisme musyawarah mufakat.

"Setelah melalui pembahasan dan mendengarkan pendapat dari masing-masing fraksi, dan mempertimbangkan berbagai aspek terutama dalam kaitannya dengan upaya untuk lebih meningkatkan kualitas penyelenggara maupun penyelenggaraan agenda politik nasional ke depan seperti pemilu dan/atau pemilihan, musyawarah dan mufakat dari seluruh fraksi dapat disepakati," kata Doli.

Baca juga: Nuansa Politik Pemilihan Komisioner KPU-Bawaslu, Nama Terpilih Sama dengan Daftar yang Beredar

Doli berharap, para anggota KPU dan Bawaslu terpilih dapat bekerja keras, sehat, dan tuntas dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024 secara demokratis, berintegritas, dan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Berikut daftar anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang telah ditetapkan oleh DPR:

KPU
1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asyari
3. Muhammaf Afifuddin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz

Bawaslu
1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Haryono
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.