Kompas.com - 10/02/2022, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan jumlah kasus infeksi Covid-19 di kalangan anak-anak 0-18 tahun di tengah penyebaran varian Omicron salah satunya diduga terjadi akibat kelengahan para orangtua.

Menurut epidemiolog dari Universitas Griffith, Australia Dicky Budiman, salah satu faktor yang diduga memicu lonjakan itu ketika orangtua lengah dalam penerapan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi). Selain itu, anak-anak berusia di atas 6 tahun belum melakukan vaksinasi.

"Banyak orangtua yang abai dalam menerapkan 5M dan anaknya belum divaksinasi," kata Dicky kepada Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Selain itu, Dicky mengatakan, sikap orangtua yang mengajak anak-anak bepergian atau melakukan aktivitas dengan risiko tinggi dinilai menjadi pemicu lonjakan kasus infeksi Covid-19 di tahun ketiga masa pandemi. Sebab, saat ini varian Omicron yang lebih cepat menular tengah menyebar luas.

Baca juga: IDAI Tak Sarankan Orang Tua Bawa Anak ke Tempat Keramaian Selama Lonjakan Kasus Covid-19

"Ditambah lagi di tahun ketiga ini orangtua membawa anak jalan-jalan ke mal. Karena orangtua jenuh yang jadi korban anak karena dibawa ke aktivitas berisiko tinggi," ucap Dicky.

Buat menekan peluang anak-anak terinfeksi Covid-19, Dicky menyarankan supaya para orangtua tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, dia juga menganjurkan bagi orangtua yang mempunyai anak-anak berusia di atas 6 tahun supaya segera melakukan vaksinasi.

Di samping itu, Dicky berharap untuk sementara kegiatan pembelajaran kembali dilakukan secara daring (online). Dia juga meminta para orangtua belajar melakukan deteksi dini buat mengantisipasi jika anak terpapar Covid-19.

"Ini harus dipikirkan, jangan menganggap anak dibiarkan terpapar, anak tidak berisiko itu berbahaya. Menambah literasi penting dilakukan kepada orangtua, masyarakat, dan pemerintah tentang proteksi anak ini," ujar Dicky.

Baca juga: IDAI: Kasus Covid-19 pada Anak Naik 10 Kali Lipat dari Januari 2022

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.