Kompas.com - 02/02/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan organisasi Muhammadiyah di Amerika Serikat kini telah resmi diakui.

Muhammadiyah diakui setelah sebelumnya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Amerika Serikat mengajukan diri dengan nama Muhammadiyah USA Incorporated serta lisensi organisasi nonprofit dengan beberapa lini bisnis.

"Jadi, Muhammadiyah USA Inc itu adalah organisasi yang bersifat religius, charitable (sosial), cultural (budaya), educations (pendidikan), dan non-profit organization. Dan untuk membershipnya di sini terbuka, kepada siapa saja yang mendukung program-program Muhammadiyah," kata Ketua PCIM AS Arief Iswanto dikutip situs Muhammadiyah, Rabu (2/2/2022).

Dengan pengakuan tersebut, PCIM AS berkomitmen untuk mengembangkan Muhammadiyah dan umat Islam secara umum di negeri Paman Sam itu.

Arief menuturkan, PCIM AS juga mendapatkan beberapa keuntungan dengan pengakuan itu. Misalnya, kini PCIM AS bisa menjalin kerja sama secara resmi dengan pihak luar, baik itu dalam penggalangan donasi untuk disalurkan kepada korban bencana di luar negeri termasuk Indonesia.

Baca juga: Yahya Staquf Pimpin PBNU, PP Muhammadiyah Sampaikan Selamat dan Harapan

Adapun dana yang terkumpul dari penggalangan donasi itu tidak akan dikenakan pajak.

"Jadi, ketika kita resmi, dan melakukan pengumpulan uang itu menjadi tidak bermasalah. Dan itu harus punya organisasi resmi. Dan ketika uang terkumpul, kita tidak terkena wajib pajak," jelasnya.

Di samping itu, PCIM AS juga mengajukan beberapa program dalam pengajuan izin resmi itu. Misalnya, program penyediaan informasi pendidikan untuk publik seputar Islam dan muslim di AS.

Serta, lanjut Arief, diskusi grup atau yang lebih dikenal secara umum dengan istilah pengajian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.