Kompas.com - 28/01/2022, 19:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) perlu difasilitasi lingkungan kerja yang smart dan mendukung produktivitas.

Tujuannya menciptakan ekosistem kinerja yang mendukung layanan perbaikan etos kerja ASN.

"ASN perlu difasilitasi lingkungan kerja yang smart, yang nyaman, yang produktif. Kita juga memerlukan lebih banyak lagi smart ASN, talenta-talenta unggul perlu diasah dengan baik," ujar Jokowi dalam sambutannya pada Munas ke-9 Korpri sebagaimana dilansir dari tayangan video di laman resmi Istana Presiden, Jumat (28/1/2021).

"Dengan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dan standar dunia. Sehingga terbentuk ASN yang berintegritas,profesional, inovatif dan kreatif," lanjutnya.

Baca juga: KPK Telusuri Pengumpulan Uang dari ASN untuk Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

Presiden menjelaskan, perubahan yang paling penting dalam sistem bikrokrasi adalah perubahan nilai dan perubahan budaya.

Menurutnya, pemerintahan tidak memerlukan perubahan yang mengawang-awang dan di atas kertas saja.

"Tapi mampu ditransformasikan dalam etis kerja birokrasi kita sehingga perubahan menjadi nyata, perubahan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutur Jokowi.

"Perubahan etos kerja itu memerlukan ekosistem yang baik. Sehingga sistem dan tata kelola harus terus diperbaiki. Saya yakin dengan reformasi birokrasi yang konsisten, ASN akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan ASN sudah sangat lama berada di zona nyaman. Jokowi menyebut hal itu sebagai warisan birokrasi feodal dan harus diubah secara total.

"Hal ini terlihat klise, tapi sangat penting dan mendasar karena sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal sehingga menjadikan ASN kurang produktif," ujar Jokowi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.