Gandeng Swasta, Kemenkes Akan Percepat Vaksinasi Booster di Jakarta

Kompas.com - 28/01/2022, 05:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ingin mempercepat vaksinasi booster untuk Covid-19 di DKI Jakarta. Karena itu, Kemenkes dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggandeng pihak swasta.

"Vaksinasi mesti dipercepat. Mengenai vaksinasi booster saya dan Pak Anies Baswedan ini sedang melakukan percepatan vaksinasi di Jakarta," kata Budi dalam sesi tanya jawab bersama media dan tenaga kesehatan yang disiarkan secara virtual, Kamis (27/1/2022) malam.

"Kalau sekarang ini kita baru di puskesmas yang punya kita. Sekarang lagi minta teman-teman swasta supaya bisa juga bikin sentra lagi untuk lakukan vaksinasi," lanjutnya.

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Booster Lewat Aplikasi Jaki

Budi menegaskan, percepatan vaksinasi booster di Jakarta penting dilakukan. Sebab Ibu Kota menjadi daerah perang yang akan lebih dulu menghadapi dampak varian Omicron.

"Apakah booster membantu? Ya membantu. Cuma yang paling membantu kalau dilihat derajadnya yakni orang yang belum divaksin agar mau divaksin. Ini yang paling membantu," ujar Budi.

"Karena kalau sudah divaksin imun di badan sudah ada. Jadi walau misal imunnya menurun dan virus masuk kan lebih aman sebab tubuhnya sudah kenal kan. Antibodi bisa identifikasi, memerangi dan mematikan virus," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.