Kompas.com - 27/01/2022, 17:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan tentang kondisi klinis tiga orang pasien terpapar varian Omicron yang meninggal dunia.

Menurutnya, satu dari tiga pasien yang meninggal sama sekali belum pernah menerima vaksin Covid-19.

"Tiga orang yang meninggal itu, kondisinya satu orang belum divaksin sama sekali. Jadi kesimpulannya yuk kita cepat-cepat vaksin," ujar Budi dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Eijkman Jelaskan Efektivitas Vaksin Booster Lawan Varian Omicron

"Karena 30 persen dari orang yang meninggal itu belum divaksin," lanjutnya.

Kemudian, jika dilihat dari usia, ketiga pasien meninggal sama-sama di atas 60 tahun.

Dengan demikian, masyarakat perlu memastikan para lansia dirawat dengan baik selama pandemi ini.

"Perlu kita prioritaskan lansia-lansia itu untuk divaksinasi dahulu. Dan kalau ada lansia komorbid yang kena Covid-19, diprioritaskan dikirim ke RS," tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan rincian data kondisi klinis tiga pasien meninggal dunia di RS setelah terpapar varian Omicron menunjukkan bahwa ketiganya berusia di atas 60 tahun.

Baca juga: Bertambah 11 Kasus, Total 91 Orang Terpapar Omicron di Jakarta Selatan

Semuanya memiliki penyakit penyerta atau komorbid baik itu diabetes melitus, gagal ginjal, jantung dan hipertensi. Seluruh lansia itu dirawat di ruang ICU RS dengan kondisi berat dan sedang.

Kemudian, satu di antara ketiganya belum sama sekali divaksin Covid-19.

Satu orang lansia lain sudah divaksin dua kali dan satu lansia lainnya sudah menerima vaksinasi booster atau dosis ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.