KPK Bakal Telusuri Pembelian Mini Cooper Bupati Nonaktif Langkat untuk Anaknya

Kompas.com - 27/01/2022, 15:46 WIB
Penulis Irfan Kamil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami asal uang untuk pembelian mobil Mini Cooper oleh Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin-angin untuk anaknya, Ayu Jelita saat berulang tahun ke-17.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menyatakan, pendalaman itu akan dilakukan untuk menelusuri apakah pembelian mobil mewah tersebut ada kaitannya dengan dugaan tindak pidana yang kini tengah disangkakan kepadanya atau tidak.

Menurutnya, setiap informasi yang beredar di masyarakat terkait kasus yang tengah dilakukan penyidikan oleh KPK akan didalami oleh penyidik.

"Tentu semua informasi ya, semua informasi yang kami terima baik oleh masyarakat atau mungkin lewat media, tentu ini menjadi informasi yang menarik buat penyidik, tentu akan ditanya lho ini beli Mini Cooper uangnya dari mana, misalnya kan seperti itu," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Geledah Perusahaan Milik Bupati Langkat, KPK Sita Uang Tunai dan Dokumen Transaksi Keuangan

Ia memastikan, penyidik KPK akan menelusuri sumber dari harta benda yang dimiliki Terbit apakah ada kaitannya dengan kasus yang menjeratnya atau tidak.

Sebab, ujar dia, Bupati Langkat itu juga merupakan seorang pengusaha yang memiliki kebun kelapa sawit yang luas.

"Jangan lupa juga bahwa Bupati Langkat ini kan juga seorang pengusaha ya, punya kebun luas, kan seperti itu kan. Kita lihat, kalau misalnya ini dari hasil kebun tentu semua harus kita telusuri, kita bandingkan," kata Alex.

"Kalau memang itu uang yang digunakan untuk membeli mobil itu dari uang legal, sah, dan hasil usaha, kita harus fair juga ya kan. Tetapi prinsipnya semua harus jelas ya, dari mana yang bersangkutan mendapatkan kekayaan dan untuk apa saja gitu, saya kira itu," ucapnya.

Berdasarkan Penelusuran Kompas.com momen Bupati Langlat memberi hadiah mobil Mini Cooper untuk anaknya diunggah akun YouTube "Proyek Baru".

Baca juga: Saat Wakil Rakyat Ramai-ramai Kutuk Aksi Bupati Langkat Soal Kerangkeng hingga Perbudakan

Adapun video itu berjudul "Ayu Jelita Br PA Dapat Hadiah Mobil Mini Cooper Diulang Tahun Sweet Seventeen | Putri Bupati Langkat".

Dalam video tersebut, putri Terbit itu sedang berulang tahun yang ke-17. Perayaan ulang tahun terjadi pada tahun 2019. Kini, unggahan video tersebut tersebut sudah ditonton sekitar 52,720 kali.

Dalam kasusnya di KPK, Terbit ditetapkan tersangka kasus dugaan suap kegiatan pekerjaan pengadaan barang dan jasa tahun 2020-2022 di Kabupaten Langkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.