Wapres Canangkan Ekosistem Global Halal Hub, Diharapkan Bantu UMKM Tembus Pasar Global

Kompas.com - 27/01/2022, 13:37 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meluncurkan pencanangan ekosistem Global Halal Hub yang diharapkan dapat membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu menembus pasar global.

"Saya berharap hadirnya ekosistem Global Halal Hub ini menjadi awalan yang baik untuk menyinergikan berbagai pihak dan membawa semakin banyak produk halal maupun UMKM halal Indonesia ke pasar global," kata Ma'ruf dalam acara pencanangan Global Halal Hub di Tangerang, Banten, Kamis (27/1/2022).

Dalam acara yang diinisiasi Asosiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor) dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) tersebut, Ma'ruf menilai Global Halal Hub memberikan banyak keuntungan bagi pelaku UMKM.

Baca juga: Maruf Amin Sebut MUI Ujung Tombak Indonesia Jadi Pusat Industri Halal

Ia mengakui, masih banyak masalah yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia, antara lain kualitas yang masih rendah, sering terbentur pada masalah biaya, hingga pengemasannya yang kurang menarik.

Menurut Ma'ruf, ekosistem Global Halal Hub dapat menjadi jawaban dari masalah-masalah itu karena ekosistem ini membantu UMKM melalui pembinaan, pelatihan, hingga sertifikasi dan sertifikasi.

"Saya kira banyak sekali keuntungannya dan kalau itu terus dibina saya yakin itu banyak yang naik kelas UMKM itu," ujar Ma'ruf.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah ada 1 juta pelaku ekspor yang dibina, angka ini diprediksi dapat meningkat berkali-kali lipat.

"Tadi saya bicara-bicara, kira-kira tahun ini bisa naik berapa minimal 3-10 kali lipat, tahun depan sudah 10 juta. Kalau tiap tahun seperti itu, itu kita bisa bayangkan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.