Komando Pengendalian Kohanudnas Kini Resmi Berada di Bawah TNI AU

Kompas.com - 27/01/2022, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima alih komando dan pengendalian Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022).

Komando dan pengendalian Kohanudnas yang semula berada di bawah jajaran Mabes TNI dialihkan menjadi di bawah jajaran Mabes TNI AU.

Peralihan ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomod Kep/46/I/2022 dan ditandai dengan penyerahan Pataka Kohanudnas dari Panglima TNI kepada KSAU.

"Dengan alih Kodal (komando dan pengendalian) diharapkan Kohanudnas dapat menjalankan tugas lebih optimal dan merupakan wujud nyata kesiapan TNI dalam menjawab tantangan TNI ke depan," demikian keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), Rabu malam.

Baca juga: 7 Perwira Tinggi TNI AU Naik Pangkat, Ini Daftarnya

Adapun alih komando dan pengendalian ini juga seiring dengan validasi Kohanudnas menjadi Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas). Hal ini merupakan implementasi penataan organisasi di lingkungan TNI AU.

Sementara, Koopsudnas merupakan Komando Utama Operasi (Kotamaops) dan Komando Utama Pembinaan (Kotamabin) yang bertanggung jawab kepada KSAU.

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor Kep 66/1/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, tertanggal 21 Januari 2022, Andika menunjuk Marsekal Madya Andyawan Martono menjadi Panglima Koopsudnas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.