Napi Terorisme di Lapas Kelas I Tangerang Ikrar Setia kepada NKRI

Kompas.com - 27/01/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu narapidana (napi) tindak terorisme di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang menyatakan ikrar setianya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Rabu (26/1/2022).

Ikrar setia kepada NKRI itu diucapkan warga binaan bernama Laode Muhammad Isnaini alias Jojo bin Laode Asri Ombi.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Banten, Masjuno, menyaksikan langsung pengucapan ikrar tersebut. Menurut Masjuno, ikrar setia NKRI yang dilakukan napi tindak terorisme di Lapas Kelas I Tangerang itu merupakan sebuah prestasi dalam proses pembinaan deradikalisasi.

Baca juga: Sepanjang 2021, 38 Napi Kasus Terorisme di Nusakambangan Ikrar Setia NKRI

"Prestasi ini tentunya tidak hanya sebagai buah dari kerja keras jajaran Lapas Kelas I Tangerang saja, tetapi juga atas sinergisitas dan kolaborasi yang dilakukan dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Densus 88 Anti Teror Kepolisian Republik Indonesia, Balai Pemasyarakatan juga masyarakat," ujar Masjuno dalam siaran pers, Kamis.

Masjuno menilai, berikrarnya satu narapidana terorisme itu tidak serta merta didapat begitu saja, Namun, adanya ikrar tersebut telah melalui sebuah proses yang panjang. Mulai dari assessment, pemantauan yang terus menerus, komunikasi yang terus menerus sehingga narapidana tersebut dengan kesadarannya mau berikrar.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Banten Kemenkumham itu berharap, ke depannya lebih banyak lagi narapidana kasus terorisme yang akan mengucap janji setia kepada NKRI.

"Tentu saja, harapan terbesarnya adalah apa yang dilakukan oleh Laode Muhammad Isnaini ini bisa menjadi contoh untuk para napi terorisme lainnya," kata Masjuno.

Pengucapan ikrar setia satu napi itu juga disaksikan Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Direktur Binapi Latkerpro Ditjen Pemasyarakatan, Perwakilan dari BNPT dan Densus 88 AT Polri serta Kepala Bapas Kelas I Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.