TNI AD Segera Bangun Kodim Hingga Satuan Zeni Baru di Awal Kepindahan Ibu Kota Negara

Kompas.com - 26/01/2022, 20:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Darat (AD) akan menjadi salah satu komponen yang lebih dulu berpindah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Beberapa satuan baru akan dibentuk untuk memperkuat IKN Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman usai memimpin apel gelar pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

"Tahap awal memang nanti akan duluan TNI AD," ujar Dudung.

Meski begitu, jenderal bintang empat ini mengatakan satuan yang dibangun masih berupa satuan kecil di awal kepindahan ibu kota negara. Dudung menyebut, markas yang akan dibentuk pertama kali adalah Komando Distrik Militer (Kodim) dan satuan zeni.

Baca juga: Ibu Kota Negara Pindah, Pangkalan Militer Bakal Pindah ke Penajam Paser Utara

"Satuannya masih satuan kecil, nanti dibentuk satu Kodim kemudian satu satuan Zeni, kemudian satuan operasional tapi tidak banyak," tuturnya.

Dikutip dari website TNI, Kodim sendiri merupakan unsur TNI AD yang bertugas untuk menyelenggarakan kemampuan dan gelar kekuatan. Tak hanya itu, Kodim juga melakukan pembinaan teritorial serta menjaga keamanan di wilayahnya.

Sementara itu salah satu tugas satuan zeni, selain dalam mendukung tugas pokok TNI AD, adalah membantu program pembangunan yang dijalankan pemerintah. Selain penjinakan bahan peledak, Zeni sebagai salah satu kecabangan TNI AD pun memiliki spesialisasi di bidang konstruksi, destruksi, dan rintangan.

Saat ini, menurut Dudung, TNI AD masih menunggu perintah dari pimpinan. Ia memastikan TNI AD sendiri sudah menyiapkan tempatnya, sehingga bisa segera bergerak mana kala perintah datang.

Baca juga: Ibu Kota Pindah, Mabes TNI Akan Pindah ke Wilayah Kutai Kartanegara

"Kami menyesuaikan perintah dari pimpinan tentunya dari Panglima TNI kapan kita akan dilakukan di sana," sebut Dudung.

"Kemudian tempatnya. Yang jelas Kodam sudah melaporkan bahwa sudah dialokasikan beberapa tempat yang nantinya untuk TNI Angkatan Darat," imbuh mantan Pangkostrad itu.

Merujuk Buku Saku Pemindahan IKN, agenda kegiatan pada periode 2022-2024 akan dilakukan pemindahan tahap awal ke Kawasan IKN. hal ini ditunjang dengan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR RI dan perumahan.

Pemindahan ibu kota tahap awal juga meliputi pemindahan ASN serta pembangunan dan beroperasinya infrastruktur dasar untuk 500.000 penduduk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.