Jenderal Andika Kerahkan Semua Kemampuan TNI untuk Redam Dinamika di Laut China Selatan

Kompas.com - 24/01/2022, 15:26 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Jenderal Andika Perkasa mengatakan, TNI sedang mengerahkan semua kemampuan yang dimilikinya guna meredam dinamika di Laut China Selatan.

Andika mengungkapkan, upaya pengerahan kekuatan tersebut melibatkan semua matra, yakni TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Darat.

"Ini seperti yang saya sampaikan tadi, kita sedang berusaha untuk mengerahkan semua yang kami miliki sesuai dengan kemampuan kami saat ini," ujar Andika saat menyampaikan paparan awalnya dalam rapat bersama Komisi I di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Komisi I-Panglima TNI Gelar Rapat, Bahas Isu Laut China Selatan hingga Papua

Andika menyoroti bahwa masalah keamanan di Laut China Selatan lebih menonjol dibanding Kawasan Indo-Pasifik belakangan ini.

Karena itulah, Andika mengatakan, TNI terus mengoptimalkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki oleh matra laut, udara, dan darat.

Andika pun berharap optimalisasi alutsita ini dapat menambah dukungan kemampuan TNI terkait isu keamanan di Laut China Selatan.

"Sehingga kita berharap akan membuat kemampuan yang ada pada kami itu lebih optimal lagi," tegas dia.

Baca juga: Beijing Peringatkan Kapal Perang AS Pergi dari Laut China Selatan

Dalam beberapa periode belakangan ini, dinamika Laut China Selatan kian kompleks.

Meningkatkan dinamika di Laut China Selatan tak lepas dari ketegangan yang terjadi beberapa kali antara antara China dan Amerika Serikat.

Terbaru, militer China mengaku, pasukannya telah mengikuti dan memperingatkan sebuah kapal perang AS yang memasuki perairan dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan.

Kapal perang AS yang dimaksud adalah kapal perusak kelas Arleigh Burke, USS Benfold, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (20/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.