PAN Sebut Ridwan Kamil Masuk Radar untuk Dicalonkan Saat Pilpres 2024

Kompas.com - 21/01/2022, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional (PAN) mempertimbangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu sosok yang dapat didukung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyampaikan hal itu sebagai respons terhadap deklarasi Ridwan Kamil yang siap maju dalam Pilpres.

"Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) sebagai figur yang memiliki elektabilitas cukup baik berpotensi masuk radar utama untuk dimasukkan sebagai salah satu figur di pilpres," kata Yoga dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

Yoga menilai sosok Ridwan Kamil memiliki elektabilitas yang cukup baik untuk bertarung di Pilpres.

Baca juga: Tanggapan Ridwan Kamil soal Isu Jadi Kepala Badan Otorita IKN

Hanya saja, dia menilai keputusan untuk menetapkan Ridwan Kamil sebagai figur yang didukung PAN merupakan wewenang Ketum Zulkifli Hasan.

"Nanti akan diputuskan oleh Ketua Umum PAN melalui forum Rakernas. Karena dari hasil Rakernas ke-1 PAN, Agustus 2021 lalu, memutuskan bahwa ketua umum PAN diberi kewenangan untuk menentukan langkah-langkah strategis di pilpres," jelasnya.

Lebih lanjut, Yoga membeberkan bahwa ada kedekatan antara Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil.

Kedekatan itu bahkan disebut sudah terjalin sejak lama.

"Bang Zulkifli Hasan dan Kang Emil adalah sohib dekat, teman dekat sejak lama. Makanya bagi PAN, Kang Emil kita anggap bukan orang lain, tetapi sudah menjadi saudara sendiri," ungkapnya.

Baca juga: Ketika Arteria Disemprot Ridwan Kamil hingga Rekan Satu Partai gara-gara Minta Kajati Berbahasa Sunda Dicopot...

Selain itu, keduanya juga disebut beberapa kali melakukan pertemuan bersama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.