Kompas.com - 21/01/2022, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan sebanyak 20% jemaah umrah yang baru tiba di Tanah Air dilaporkan positif Covid-10. Hal ini menyusul laporan terdahulu mengenai adanya sejumlah Tim Advance (tim pendahulu) Kementerian Agama (Kemenag) yang terpapar Covid-19 sepulang dari Arab Saudi.

"Dari kepulangan jemaah umrah perdana pada tanggal 17 Januari lalu sebanyak 20 persen kasus positif berhasil terdeteksi dari total jemaah," kata Wiku dalam keterangannya melalui kanal YouTube Sekretariat, Kamis (20/1/2022).

Adapun jemaah yang baru saja kembali ke Indonesia pada tanggal 17 Januari 2022 usai menjalankan ibadah umrah berjumlah 414 orang. Artinya, ada sebanyak 87 jemaah umrah pada rombongan tersebut yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Kepastian Tim Advance Umrah Terpapar Omicron Tunggu Hasil WGS Kemenkes

Data ini menambah panjang jumlah warga Indonesia yang positif Covid-19 setelah kembali dari Arab Saudi.

Kemenag sebelumnya melaporkan, ada beberapa orang dari Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah di Masa Pandemi" yang juga terpapar Covid-19 setelah menjalankan misinya untuk melakukan uji coba umrah dengan berbagai regulasi yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia.

Tim Advance Kemenang berjumlah 25 orang yang berangkat pada 23 Desember 2021 dan kembali ke Tanah Air pada 6 Januari 2022.

Baca juga: Tim Advance Umrah Positif Covid-19 Pulang dari Saudi, Dirawat di Tower 5 Wisma Atlet

Mereka berasal dari beberapa asosiasi penyelenggara umrah yang berjumlah 25 orang, termasuk dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI).

"Saya jumlahnya belum tahu. Tapi mereka banyak yang positif setelah pulang dari Arab Saudi," ungkap Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus Kemenag, M Noer Alya Fitra, Senin (17/1/2022).

Hingga saat ini, belum ada informasi apakah mereka terpapar virus varian Omicron atau bukan. Tim Advance umrah Kemenag yang dinyatakan positif Covid-19 pun menjalani perawatan di Tower 5 Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.