Rencana Relokasi Markas Koarmada I ke Kepri Masih dalam Tahap Pengkajian

Kompas.com - 21/01/2022, 15:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komando Armada I (Koarmada I) TNI Angkatan Laut berencana memindahkan markasnya yang ada di Jakarta ke Kepulauan Riau.

Rencana pemindahan ini seiring segera terbentuknya Koarmada Republik Indonesia yang akan berkedudukan di Jakarta.

Meski demikian, detail pemindahan markas tersebut masih dalam pengkajian hingga tiga bulan ke depan.

"Ini masih pada tahap pengkajian yang lebih mendalam, (dilihat dari) keuntungan kerugian, dan penganggarannya," ujar Kepala Dinas Penerangan Koarmada I Letkol Laut (P) Laode Muhammad kepada Kompas.com, Jumat (21/1/2022).

Beberapa waktu lalu, Panglima Koarmada I Laksda Arsyad Abdullah bahkan telah memimpin rapat staf untuk membahas rencana relokasi Markas Koarmada I.

Baca juga: Ini Alasan Koarmada I Berencana Pindah Markas dari Jakarta ke Kepri

Dalam kajian pemindahan tersebut, terdapat sejumlah aspek yang menjadi pembahasan utama, meliputi aspek operasional, personel, sarana dan prasarana, logistik, hingga penganggaran.

Meski demikian, Laode mengatakan bahwa Koarmada I belum memutuskan titik mana yang akan menjadi Markas Komarada I di Kepulauan Riau.

"TNI AL kan punya aset di Batam, Uban, Pinang, dan Natuna. Hal itu akan menjadi pertimbangan dalam kajian. Makanya masih dalam pengkajian," imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berencana membentuk Koarmada Republik Indonesia dan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) Nasional.

Pembentukan ini merupakan implementasi atas berlakunya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Namun begitu, pembentukan Koarmada RI dan Koopsau Nasional memerlukan aturan turunan pada beleid tersebut.

Baca juga: Koarmada I Berencana Pindah Markas dari Jakarta ke Kepulauan Riau

"Itu yang kemudian kami kebut supaya bisa kita keluarkan sekalian dalam Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) minggu depan ini," ujar Andika usai bertemu Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Andika menjelaskan, Koarmada RI nantinya akan dikomandoi perwira tinggi TNI Angkatan Laut berpangkat Laksamana Madya atau bintang 3.

Di Koarmada RI pula akan ada slot jabatan bagi bintang 2 dan 1. Total, terdapat 14 jabatan di Koarmada RI yang akan diisi perwira tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.