Warga Biasa Ditindak Pakai Pelat Polri, kalau Anggota DPR Kok Polisi Diam?

Kompas.com - 21/01/2022, 14:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polemik pelat mobil Anggota DPR Arteria Dahlan yang merupakan pelat khusus Polisi masih ramai diperbincangkan. Jika sebelumnya Polisi menindak warga yang memakai pelat khusus Polri, namun untuk kasus Arteria Dahlan masih belum ada tindakan lebih lanjut.

Beberapa mobil Arteria Dahlan diketahui menggunakan pelat khusus Polri dengan nomor register 4196-07.

Pelat mobil yang dipersoalkan itu berwarna hitam dan kuning, ciri khas Polisi. Di samping angka, terdapat logo Polri yang juga dilengkapi dengan logo berwarna emas lambang DPR.

Artinya, pelat mobil Arteria tersebut bukanlah pelat kendaraan umum atau sipil. Pelat mobil yang digunakan Arteria ini juga berbeda dengan pelat mobil khusus anggota dewan.

Baca juga: Saat Arteria Dahlan Sebut Pelat Mobil Mirip Polisi Hanya Tatakan, tapi Terdaftar di Sistem

Walaupun hampir sama dengan pelat dinas Polri, pelat khusus bagi anggota dewan hanya memakai logo DPR. Kemudian terdapat angka dan huruf romawi yang menandakan komisi ataupun urutan keanggotaan dalam alat kelengkapan dewan (AKD).

Setidaknya ada 5 mobil Arteria yang menggunakan pelat nomor khusus Polisi. Mobil-mobil itu tampak terparkir di Gedung DPR, Rabu lalu, dengan pelat yang sama persis.

"Iya kan kalau pelat nomor itu kan saya sudah katakan itukan tatakan. Tatakan itu nanti kita slot bisa pakai nomor aslinya, nomor mobil yang biasa itu, bisa pakai nomor DPR, itu tatakan itu," kata Arteria dalam konferensi pers di Ruang Fraksi PDI-P, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Walaupun Arteria menyebut pelat khusus Polisi itu hanya tatakan, Polri mengungkap pelat yang dipakai Arteria tercatat di sistem mereka, yakni di bagian Staf Logistik (Slog) Polri.

Baca juga: Rumah Sedang Direnovasi Jadi Dalih Arteria Dahlan Parkir Mobil di DPR

Artinya, nopol khusus Polisi atas nama Arteria Dahlan teregister dan diterbitkan oleh Slog Polri untuk anggota Komisi III DPR itu.

“Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No.Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik Arteria Dahlan,” ucap Kepala Biro (Karo) Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu (19/1/2022).

Meski begitu, Ramadhan tidak menjelaskan lebih lanjut terkait empat mobil lainnya dengan nomor Polisi yang sama.

Polri juga belum menerangkan mengapa dan bagaimana cara Arteria mendapat nopol khusus polisi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.