Dubes RI di AS Rosan Roeslani Serahkan Surat-surat Kepercayaan ke Joe Biden

Kompas.com - 21/01/2022, 10:25 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Rosan Perkasa Roeslani menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Dalam sambutan tertulisnya, Joe Biden menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kerja sama dalam memajukan agenda bersama dan memperdalam persahabatan yang telah terjalin erat antara kedua negara.

Di tengah pandemi Covid-19, terutama akibat penyebaran varian Omicron, proses penyerahan Surat-surat Kepercayan dari para Dubes asing yang baru tiba di Ibu Kota AS tidak dilakukan melalui upacara khusus di Gedung Putih.

“Indonesia dan AS telah bersahabat lebih dari 70 tahun dan Kemitraan Stategis mencerminkan komitmen bersama terhadap demokrasi dan masyarakat sipil, peningkatan perdagangan dan investasi, pecegahan perubahan iklim, keamanan regional dan global, serta pertukaran budaya," ujar Biden seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Daftar 17 Dubes yang Dilantik Jokowi, Fadjroel Rachman, Rosan, hingga Eks Jubir Timses

Biden mengatakan, sebagai dubes, Rosan berperan untuk terus meningkatkan kerja sama baik yang saat ini sudah terbangun, maupun terkait dengan isu-isu yang menjadi kepentingan regional dan global lainnya.

Ia dalam sambutannya juga menegaskan peran penting Indonesia di kawasan.

“Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik dan mengharapkan penguatan kerja sama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022," kata Biden.

Diterimanya Surat-surat Kepercayaan tersebut sekaligus menandai masa tugas Dubes Rosan sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk AS yang ke-21.

Sebagai Dubes RI yang baru di AS, Rosan bertekad untuk semakin memperkuat kemitraan strategis antara Indonesia dan AS.

Baca juga: Rahmat Gobel dan Rosan P Roeslani Berebut Ketua Umum Kadin

“Kemitraan strategis RI-AS menjadi pilar dan pondasi yang kokoh bagi kerja sama kedua negara di berbagai bidang, mulai dari politik-keamanan, ekonomi perdagangan, pendidikan hingga People-to-People Contacts”, kata Rosan.

Secara khusus, Rosan juga telah menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Joe Biden.

Rosan menekankan pentingnya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan, khususnya dalam rangka menangani pandemi Covid-19 melaui melalui penyediaan vaksin dan obat-obatan terapeutik serta pengembangan kerjasama teknologi mRNA dalam jangka menengah.

“Selain kerjasama kesehatan, fokus utama lain di bidang diplomasi bilateral RI-AS adalah membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi dan perlindungan terhadap WNI di AS”, ujar Rosan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.