Kemenlu: Indonesia Bakal Kedatangan Vaksin dari Jerman dan China

Kompas.com - 20/01/2022, 20:28 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melaporkan, dalam waktu dekat Indonesia bakal menerima vaksin dari Jerman dan China.

Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri Kemenlu Lintang Paramitasari mengatakan, pada minggu keempat bulan ini, Indonesia akan menerima vaksin dari Jerman dengan merek Pfizer, dengan perkiraan sebanyak 1,2 juta dosis.

Selain itu juga dari perusahaan farmasi asal China, Anhui Zhifei Longcom Pharmaceutical.

"Dalam waktu dekat ada beberapa komitmen vaksin dari Covax Facility dan negara sahabat. Salah satunya Jerman, ada proyeksi Pfizer 1,2 juta dosis dan akan dikirimkan minggu keempat Januari 2022. Dan ada komitmen dari perusahaan China, Anhi sebanyak 1 juta dosis ke Indonesia. Saat ini masih komunikasi terkait kedatangan," ujar Mita yang juga merupakan Sekretaris Bidang Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi (TPPE) Kemenlu dalam press briefing, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: UPDATE 20 Januari: Cakupan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 58,88 Persen

Ia pun menjelaskan, berdasarkan hasil diplomasi vaksin yang dilakukan oleh Kemenlu dan kementerian/lembaga terkait, hingga 15 Januari 2022, Indonesia telah menerima 13.951.730 dosis vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

"(Vaksin) diperoleh baik dari pengadaan dukungan bilateral Jepang dan dose sharing Belanda melalui Covax Facility," jelas Mita.

Adapun secara keseluruhan hingga 19 Januari 2022, Indonesia telah menerima 493.125.035 dosis vaksin.

Baca juga: Cegah Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa, Kemenkes Minta Dinkes Percepat Laju Vaksinasi Primer dan Booster

Keseluruhan vaksin tersebut didapatkan dari diplomasi bilateral dan multilateral, serta melalui Covax Facility.

"Atas nama Kemenlu kami berterima kasih dan mengapresiasi pemerintah negara sahabat atas dukungan vaksin yang diberikan dalam rangka penanganan pandemi," kata Mita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.