KPK Optimistis Dakwaan Jaksa Kasus Pembayaran Fiktif Penutupan Asuransi BP Migas-KKKS Terbukti

Kompas.com - 18/01/2022, 14:18 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Keuangan dan Investasi PT Asuransi Jasa Indonesia (PT Jasindo) Solihah dan pemilik PT Ayodya Multi Sarana (AMS) Kiagus Emil Fahmy Cornain akan menjalani sidang putusan hari ini, Selasa (18/1/2022).

Keduanya merupakan terdakwa dugaan korupsi pembayaran kegiatan fiktif penutupan asuransi oli dan gas pada BP Migas-KKKS tahun 2010-2012.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri yakin dakwaan jaksa seluruhnya terbukti dalam perkara ini.

“Dengan seluruh fakta-fakta melalui alat bukti di persidangan, tentu kami sangat yakin dakwaan tim jaksa akan terbukti,” sebut Ali dalam keterangannya.

Baca juga: Eks Direktur Keuangan dan Investasi Jasindo Solihah Dituntut 4 Tahun Penjara

Ali juga berharap majelis hakim menjatuhkan pidana pengganti sesuai dengan tuntutan jaksa.

“Sehingga asset recovery dari perkara ini bisa dioptimalkan,” kata dia.

Sebelumnya, jaksa menuntut Solihah dijatuhi pidana penjara selama 4 tahun disertai pidana pengganti senilai Rp 1.918.749.382.

Sementara itu Kiagus dituntut pidana penjara selama 5 tahun dan pidana pengganti senilai Rp 1.330.668.513.

Jaksa menilai keduanya terbukti melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dalam kegiatan agen fiktif pada PT Asuransi Jasindo saat penutupan asuransi aset dan konstruksi BP Migas-KKKS tahun 2010-2012 dan 2012-2014.

Baca juga: Mantan Direktur Keuangan PT Jasindo Didakwa Rugikan Negara Rp 7,584 Miliar

Atas tindakan itu keduanya diancam dengan Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 56 Ayat (1) Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.