Jokowi: Sudah 297,5 Juta Dosis Vaksin yang Disuntikkan, Indonesia Nomor 4 di Dunia

Kompas.com - 17/01/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, hingga saat ini sudah 297.500.000 dosis vaksin Covid-19 yang disuntikkan kepada masyarakat.

Atas capaian itu, Indonesia disebutnya berada di peringkat keempat dalam capaian penyuntikan vaksin Covid-19 di dunia.

"Vaksinasi sudah mencapai 297.500.000 dosis. Angka yang tidak kecil. Dan saat ini 30 provinsi telah mencapai target di atas 70 persen (capaian vaksinasi)," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/1/2022).

"Oia tadi yang (provinsi) di atas 70 persen ini termasuk provinsi Jawa Barat. Karena tadi Pak Gubernur bisik-bisik ke saya. 'Pak Jabar sudah 83 persen,' (dijawab) 'iya iya'," lanjutnya.

Presiden menegaskan, menyuntikkan 297.500.000 dosis vaksin itu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk negara serumit Indonesia.

Baca juga: Kemenkes Ungkap Hasil Riset Vaksin Booster Sinovac dan Moderna, Seperti Apa?

Sebab ada 514 kabupaten/kota di 34 provinsi yang harus dijangkau.

"Ada yang harus naik perahu. Ada yang harus naik sepeda motor untuk naik ke gunung. Bukan barang yang mudah. Saya sangat mengapresiasi TNI dan polri yang memberikan dukungan penuh dalam rangka vaksinasi ini," ungkap Jokowo.

"Dan kita ini vaksinasinya nomor 4 di dunia. Jadi setelah China, Brasil, AS, kemudian Indonesia," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.