Kompas.com - 17/01/2022, 05:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyebut ada 5 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ibu Kota Tonga, Nuku’alofa, ketika gunung berapi bawah laut, Gunung Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai meletus pada Sabtu (15/1/2022) sore.

Letusan gunung tersebut mengakibatkan tsunami yang juga menyapu Nuku’alofa dan lumpuhnya sistem komunikasi.

“Terdapat 5 WNI di Tonga saat kejadian. Kelima WNI tersebut diketahui tinggal di Nuku’alofa,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha, melalui keterangan tertulis pada Minggu (16/1/2022) malam.

Baca juga: Negara-negara yang Terdampak Letusan Gunung Api Bawah Laut di Tonga

“Belum diketahui kondisi mereka saat ini, karena komunikasi yang terputus,” ia menambahkan.

Judha menambahkan, berdasarkan informasi pemerintah Selandia Baru, belum ada laporan jatuhnya korban jiwa akibat tsunami maupun Gunung Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai.

Seluruh WNI yang ada di wilayah akreditasi KBRI Wellington telah diminta waspada.

“KBRI Wellington terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak di Selandia Baru dan Tonga untuk mengetahui kondisi para WNI di Tonga,” ujar Judha.

Baca juga: Diterjang Tsunami, di Mana Letak Tonga?

Ia menyebut, hujan abu vulkanik yang sebelumnya menyelimuti Tonga sudah berhenti.

Wilayah Tongatapu, pulau utama di Tonga di bagian utara Nuku’alofa, disebut sebagai wilayah paling parah terdampak letusan gunung dan tsunami.

“Banyak kapal dan perahu terdampar ke daratan,” tutup Judha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.