Sekjen PDI-P: Kemajuan Jakarta dalam Beberapa Tahun Terakhir Jauh di Bawah Pimpinan Jokowi, Ahok, dan Djarot

Kompas.com - 07/01/2022, 08:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengungkit kemajuan di DKI Jakarta pada masa kepemimpinan Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, hingga Djarot Saiful Hidayat yang dinilai lebih baik ketimbang kepemimpinan yang ada pada saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto untuk menanggapi beberapa pertanyaan awak media terkait siapa calon yang hendak diajukan partainya untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

"Sebab, praktis kemajuan dalam beberapa tahun terakhir masih jauh di bawah kemajuan ketika DKI dipimpin oleh Pak Jokowi, Pak Ahok, dan Pak Djarot," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (6/1/2022).

Sebelumnya, Hasto mengungkapkan bahwa PDI Perjuangan tengah merancang gagasan tentang masa depan DKI. Tujuannya adalah guna memercepat pembangunan di DKI Jakarta.

Baca juga: Belum Sebut Nama Cagub DKI, Ini Alasan PDI-P

Namun, menurut Hasto, kemajuan itu kini masih berada jauh di bawah tiga tokoh mantan gubernur DKI yang disebutnya.

Oleh karenanya, Hasto juga mengatakan bahwa PDI-P belum bisa memutuskan soal nama calon kepala daerah yang bakal diusung untuk Pilkada DKI 2024.

Di sisi lain, menurutnya, PDI-P juga lebih memilih untuk mempersiapkan mesin partai sehingga bekerja maksimal memenangi Pemilu 2024.

"Jadi, bagi PDI Perjuangan, langkah-langkah strategis terbaik yang dilakukan adalah bekerja ke bawah, memantapkan seluruh mesin politik partai," jelasnya.

Selain itu, Hasto mengingatkan bahwa tahapan Pilkada 2024 baru akan dilakukan pada akhir tahun.

Adapun pilkada bakal didahului dengan pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres).

"Pilkada serentak masih 2024, setelah pileg dan pilpres," tutur Hasto.

Baca juga: Risma dan Gibran Dinilai Berpeluang Diusung PDI-P untuk Pilkada DKI Jakarta 2024

Sebelumnya, sejumlah partai politik mulai buka-bukaan mengungkap sosok yang bakal mereka usung kelak untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal itu terjadi meski pemilihan gubernur DKI Jakarta baru akan dilangsungkan pada 2024. Hawa kontestasi politik mencari orang nomor satu di Ibu Kota itu sudah berembus sejak awal tahun ini.

Salah satu partai yang buka-bukaan soal calon gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 adalah Partai Nasdem.

Nasdem bahkan terang-terangan menyampaikan rencana mengusung bendahara umumnya, Ahmad Sahroni, sebagai calon gubernur DKI untuk 2024 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.