Kompas.com - 06/01/2022, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) mengagendakan kunjungan kerja ke daerah bakal ibu kota di Kalimantan Timur pada 9 dan 10 Januari 2022 mendatang.

Wakil Ketua Pansus RUU IKN Junimart Girsang mengatakan, selain mengecek lokasi ibu kota baru, dalam kunjungan kerja itu Pansus RUU IKN akan bertemu dengan masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

"Tentu kunjungan tersebut menjadi kewajiban dan sudah terjadwal di tanggal 9-10 Januari 2022 ini. Pansus akan melihat titik-titik lokasi utama IKN dan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat serta Pemda," kata Junimart saat dihubungi, Kamis (6/1/2022).

Baca juga: Pansus Targetkan RUU IKN Disahkan pada Januari 2022

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Pansus RUU IKN Saan Mustopa menyebut, pihaknya juga akan melakukan konsultasi publik sebelum kembali memulai rapat-rapat pembahasan RUU IKN.

Saan menuturkan, Pansus sudah menjadwalkan konsultasi publik ke Universitas Mulawarman serta beberapa kampus lainnya.

"Mungkin nanti ke daerah Sulawesi di mananya, nanti di barat di Sumatera, nanti lagi disusun untuk agenda konsultasi publik. Nanti disiapkan," kata Saan.

Ia juga menyebutkan, Pansus RUU IKN telah menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan sejumlah pakar.

Baca juga: Kaltim Mau Jadi IKN, Sri Mulyani: Yang Punya Tanah Harganya Sebentar Lagi Naik

Diberitakan sebelumnya, Pansus RUU IKN menargetkan RUU IKN dapat disahkan paling lambar akhir Januari 2022 ini.

Menurut Saan, RUU IKN perlu segera disahkan karena menjadi payung hukum yang memberi kepastian pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Soal pemindahan ibu kota ini kan supaya tidak menimbulkan kesimpangsiuran ya dan sebagainya, itu kan perlu ada semacam kepastian," kata politikus Partai Nasdem itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.