Jokowi Resmikan Waduk Randugunting di Blora, Kapasitasnya 14,4 Juta Meter Kubik Air

Kompas.com - 05/01/2022, 16:54 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Rabu (5/1/2022) Dok. Prokompim Kabupaten BloraPresiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Rabu (5/1/2022)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Waduk Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022).

Dengan adanya waduk tersebut, Jokowi berhadap ketahanan pangan di Jawa Tengah bisa semakin baik.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, Waduk Randugunting yang ada di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi dipantau dari siaran langsung peresmian yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Resmikan Bendungan Randugunting, Jokowi: Kemandirian Kita Pangan Semakin Baik

Jokowi menyampaikan, waduk itu memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi sekitar 650 hektare sawah yang berada di kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang.

Menurut Kepala Negara, keberadaan air menjadi pendukung ketahanan pangan.

"Kita berharap selesainya Waduk Randugunting ini ketahanan pangan kita akan semakin baik, kemandirian pangan kita akan semakin baik," kata Jokowi.

"Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk sebanyak-banyaknya," ucap dia.

Baca juga: Anies Gandeng Tiga Menteri Jokowi untuk Cegah Jakarta Tenggelam

Presiden pun berharap nantinya Waduk Randugunting bisa menjadi tempat pariwisata bagi masyarakat Blora dan sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.