Kompas.com - 03/01/2022, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah agar segera memastikan kelengkapan fasilitas protokol kesehatan di sekolah jelang diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

"Ketersediaan fasilitas prokes ini harus benar-benar dipastikan lengkap. Jangan hanya menunggu laporan dari unit sekolah, tapi harus dicek langsung ke lapangan. Prokes menjadi faktor penentu untuk mengurangi risiko lonjakan dan klaster Covid-19 di sekolah," kata Netty dalam siaran pers, Senin (3/1/2022).

Netty mengatakan, kesiapan soal fasilitas protokol kesehatan itu semakin penting di tengah ancaman varian Omicron yang penularannya jauh lebih cepat dibandingkan varian lainnya.

Baca juga: Soal Wajib PTM, PGRI Soroti Vaksinasi Siswa yang Belum 100 Persen

Ia menegaskan, unsur kehati-hatian harus benar-benar diterapkan agar tidak ada kelengahan yang menyebabkan masalah di kemudian hari.

Politikus PKS itu menegaskan, pemerintah juga perlu mengawasi penerapan protokol kesehatan di sekolah-sekolah.

Sebab, mengutip temuan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Netty menyebut beberapa sekolah di Pulau Jawa belum menegakkan protokol kesehatan.

Baca juga: Jakarta PTM 100 Persen, Anggota DPR Minta Tetap Waspada dan Disiplin Protokol Kesehatan

"Pendidik dan peserta didik jarang yang melaksanakan prokes seperti mencuci tangan ketika tiba di sekolah. Harus ada edukasi dan pembiasaan untuk taat prokes, baik itu oleh tenaga pendidik, perangkat sekolah dan peserta didik," ujar dia.

Di samping itu, ia juga meminta pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dan 6-11 tahun seiring rencana menerapkan PTM 100 persen.

Menurut dia, PTM hanya boleh dilakukan jika seluruh peserta didik, perangkat sekolah, dan tenaga pendidik di sebuah sekolah telah divaksinasi lengkap.

Baca juga: Kemendikbud: 59 Persen Sekolah di Indonesia Bisa Gelar PTM Kapasitas 100 Persen

"Jika pemerintah sudah menggelar PTM 100 persen, maka vaksinasi anak harus segera dipercepat. Vaksinasi anak harus mencapai 70 persen agar terbentuk kekebalan kelompok. Jangan biarkan anak yang belum divaksin mengikuti PTM," kata Netty.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.