Kompas.com - 03/01/2022, 14:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak lima orang anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) melakukan kunjungan kerja ke Kazakhstan bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"DPR itu mendampingi dalam hal ini bersama Bappenas berangkat untuk studi ke daerah Kazakhstan yang pernah juga pindah ibu kota," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/1/2022).

Dasco mengatakan, dari 56 anggota Pansus RUU IKN yang terdiri dari 30 anggota tetap dan 26 anggota pengganti, hanya 5 orang yang berangkat ke Kazakhstan bersama Bappenas.

Baca juga: Fakta Terkini Ibu Kota Baru di Kalimantan, Salah Satunya Kepala Daerah Diangkat Presiden

Menurut dia, Pansus RUU IKN sudah membagi tugas untuk melakukan kunjungan kerja karena ada sebagian anggota pansus lainnya yang akan berkunjung ke Kalimantan Timur.

Politikus Partai Gerindra itu pun mengakui bahwa DPR memang menunda semua kunjungan ke luar negeri, kecuali untuk memenuhi undangan mewakili parlemen serta melakukan kunjungan dalam rangka tugas negara yang penting.

Saat ditanya soal urgensi studi banding di tengah tingginya kasus varian Omicron, Dasco menyebut, kunjungan kerja ke Kazakhstan itu sudah direncanakan sejak lama dan DPR hanya ikut rombongan Bappenas.

"Ini kan sudah direncanakan pada waktu rapat pansus, dan ini kita kan ikut Bappenas, bersama Bappenas. Kalau misalnya pergi sendiri-sendiri tidak efektif, nah ini kan juga supaya efisien. Berapa lamanya, saya pikir enggak lama itu," ujar Dasco.

Baca juga: Kantor Presiden dan Wapres Mulai Pindah Sebelum 2024 ke Ibu Kota Baru

Dasco pun mengaku tidak tahu kapan kunjungan kerja itu dilaksanakan dan siapa saja anggota Pansus RUU IKN yang ikut terbang ke negara beribukota Nur Sultan itu.

"Tanggalnya yang ngatur bagian Pansus. Dari 56 (anggota) hanya 5 (orang yang berangkat), namanya enggak hafal saya," ujar dia.

Dikutip dari Kompas.id, agenda kunjungan Pansus RUU IKN ke Kazaakhstan pada 3-6 Januari 2022 diketahui dari dari unggahan Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman di akun Instagram-nya, Minggu (2/1/2022).

Ia menyebutkan, Ketua Pansus IKN DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Himawan Hariyoga dan rombongan akan meninjau ibu kota Kazakhstan di Nur Sultan.

Namun, Minggu petang, unggahan itu tak terlihat lagi di Instagram Fadjroel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.