Kompas.com - 31/12/2021, 11:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan menghabiskan malam pergantian tahun baru di Istana Bogor, Jawa Barat

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, tidak ada acara khusus yang akan digelar presiden.

"(Malam tahun baru) di Bogor, tidak ada acara khusus," kata Heru kepada Kompas.com, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Bepergian Lewat Jalur Darat Jelang Tahun Baru? Simak Aturan Lengkapnya

Ini merupakan kali kedua Jokowi menghabiskan malam pergantian tahun baru secara sederhana di Istana Bogor. Sebelumnya, momen serupa terjadi pada malam pergantian tahun 2020-2021.

Sementara itu, pada pergantian tahun 2019-2020 presiden merayakan pergantian tahun di Yogyakarta.

Kala itu, 31 Desember 2019, Kepala Negara berjalan kaki di Jalan Maliboro untuk menyapa pedagang dan masyarakat.

Jelang pergantian tahun kali ini, Indonesia masih diliputi suasana pandemi Covid-19. Belakangan, penularan kasus virus corona varian Omicron justru terus bertambah.

Untuk mencegah meluasnya penyebaran virus, pemerintah telah mengeluarkan aturan yang melarang masyarakat membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Baca juga: Ingin Wisata ke Kota Tua Saat Libur Tahun Baru? Simak Ketentuannya

Aturan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada 9 Desember 2021. Inmendagri ini berlaku 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Salah satu poin Inmendagri mengatur tentang larangan menyelenggarakan pawai atau arak-arakan tahun baru dan merayakan tahun baru di pusat perbelanjaan atau mal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.