Kompas.com - 30/12/2021, 19:16 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hasil sementara dari sero survei nasional yang dilakukan pemerintah menunjukkan kekebalan masyarakat cukup tinggi.

Hal itu terlihat dari tingginya titer antibodi yang terbentuk di masyarakat.

Sero survei sendiri bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kekebalan komunitas atau herd immunity masyarakat terhadap Covid-19.

Baca juga: Luhut: Hasil Sero Survei Nasional, Tingkat Kekebalan Masyarakat Cukup Tinggi

"Memang hasilnya belum keluar resmi, karena memang datanya belum selesai untuk dianalisis. Tapi dari data yang ada, terlihat bahwa titer antibodi yang terbentuk cukup tinggi di masyarakat," ujar Nadia dalam diskusi Menjaga Pandemi Tetap Landai Paska Natal dan Tahun Baru di Youtube resmi BNPB, Kamis (30/12/2021).

Ia lebih jauh menjelaskan, kekebalan masyarakat terbentuk lantaran ada kelompok masyarakat yang sempat terinfeksi varian Delta namun kemudian melakukan vaksinasi.

"Jadi apa yang disebut superimmunity itu yang terjadi," jelas Nadia.

Dia juga meminta kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi penularan Covid-19. Pasalnya dalam sepekan terakhir, terjadi peningkatan kasus di 10 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Lakukan Sero Survei Antibodi, Apa Tujuannya?

Meski pemerintah telah melakukan pengetatan di akhir tahun, masyarakat juga perlu menjaga protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di tempat-tempat publik.

"Selain itu juga memastikan kecepatan vaksinasi harus dilakukan pemerintah. Jangan pilih-pilig vaksin, karena semua vaksin sama baiknya. Dan testing tracing, kita pantau dan tidak lupa mengingatkan pemerintah daerah bila terjadi penurunan," kata Nadia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.