Kompas.com - 27/12/2021, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengungkapkan ada 10 provinsi yang mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, kenaikan kasus Covid-19 di 10 provinsi tersebut berdasarkan pada data Satgas Covid-19.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Sebanyak 10 provinsi mengalami tren kenaikan kasus adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Tinur, Jambi, Kalimantan Utara, Banten, dan Sulawesi Selatan," kata Johnny seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Jokowi: 17 Kabupaten/Kota Alami Kenaikan Kasus Covid-19, Segera Antisipasi

Johnny pun meminta pemerintah daerah untuk secara tegas menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Selain itu, untuk mencegah kenaikan kasus meluas di daerah lain, pemerintah daerah juga perlu mengawasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi di wilayahnya.

Pasalnya, berdasarkan catatan Satgas Covid-19, terjadi peningkatan mobilitas masyarakat seiring dengan arus balik akhir tahun di Jawa maupun Bali.

Tidak hanya Jawa dan Bali, Satgas Covid-19 juga mencatat mobilitas penduduk di Nusa Tenggara dan Papua mengalami peningkatan tren kenaikan kasus melebihi kondisi pada saat prapandemi.

"Pemerintah mengimbau masyarakat mengurangi mobilitas serta selalu menjaga protokol kesehatan," kata dia.

Baca juga: Austria Terapkan Lockdown Total akibat Kenaikan Kasus Covid-19

Johnny pun mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pengawasan mobilitas masuarakat menjelang tahun baru 2022. Hal ini dilakukan untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 di berbagai daerah.

Di sisi lain, pemerintah juga telah melakukan pengetatan pembatasan perjalanan masyarakat.

Masyarakat harus sudah divaksin jika ingin melakukan perjalanan pada periode 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. Pemerintah juga memastikan semua kelompok terutama kelompok rentan seperti penduduk lanjut usia (lansia), ibu hamil, orang dengan penyakit penyerta, dan anak-anak mendapatkan vaksinasi dengan baik.

"Pemerintah terus melakukan pengawasan dan pencegahan agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada saat liburan tahun baru," kata Johnny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.