Kenang Tsunami Aceh, Jusuf Kalla: Saya Menangis, Waktu Itu Korban Bergelimpangan

Kompas.com - 27/12/2021, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla bercerita tentang bencana alam gempa dan tsunami di Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004.

Kalla yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI mengungkapkan, ia menerima laporan dari salah satu ajudannya bahwa terjadi gempa di Aceh.

Namun, saat itu itu informasi yang diterima tidak begitu jelas dan lengkap.

Baca juga: Kesal Birokrasi Lambat Atasi Tsunami Aceh, Jusuf Kalla: Ambil Pistol, Tembak Gemboknya!

Kalla pun mencoba menelepon Gubernur Aceh yang saat itu menjabat, yaitu Azwar Abubakar. Namun, ternyata Azwar tengah berada di Jakarta untuk menghadiri suatu acara.

"Saya minta telepon panglima (TNI), kapolda, semuanya tidak ada hubungan sama sekali. Ini jadi pertanyaan, ada apa di Aceh? Sampai saya telepon Gubernur Sumatera Utara juga tidak tahu, walaupun terasa sampai ke Medan gempa itu," ujar Kalla dalam acara "17 Years of Tsunami Aceh: Global Solidarity For Humanity and Sustainable Development-An Aceh Model oleh Diaspora Global Aceh", Minggu (26/12/2021).

Pagi itu, Kalla mesti menghadiri acara halalbihalal. Ia pun meminta acara dimulai lebih awal.

Menurut Kalla, saat itu semua tamu undangan yang hadir sudah mengetahui perihal bencana alam di Aceh, tetapi tidak ada kejelasan.

"Semua sudah mengetahui tapi tidak ada penjelasan. Semua pada ikut tegang dan saya minta acara dipercepat satu jam," ucap dia.

Baca juga: 55 Relawan PMI Meninggal Dunia Selama Pandemi Covid-19 dan Ucapan Terima Kasih Kalla

Setelah acara, Kalla meminta Sofyan Djalil yang kala itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika segera berangkat ke Aceh.

Kalla meminta Sofyan melaporkan kepada dirinya tentang apa yang terjadi di Aceh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.